Minggu, 30 Desember 2012

Prinsip Kerja IC 555

IC 555 Merupakan sebuah IC yang digunakan sebagai pewaktu dan sebagai pembangkit pulsa, IC ini banyak digunakan didalam rangkaian elekronika.

Berdasarkan fungsinya IC 555 digolongkan menjadi tiga, antara lain :

1. Monostable Circuit

Rangkaian monostable banyak digunakan sebagai pencacah waktu dan dapat juga digunakan untuk menghilangkan bounce pada rangkaian saklar (switch). Berikut gambar rangkaian dari circuit monostable IC 555


Rangkaian circuit monostable memberikan waktu (t) dengan besaran waktu berbanding lurus dengan nilai Resistor (R) dan Capasitor (T) dimana besarnya nilai waktu adalah :



Pencacah waktu akan bekerja apa bila TRIG (Gate 2) mendapat inpulse High, dan Pin 3 (Out) akan mengeluarkan inpulse High selama t detik. Berikut diagram kerja dari rangkaian monostable.



2. Bistable Circuit

Rangkaian bistable merupakan rangkaian sederhana yang memiliki fungsi dasar flip flop, gate (5) dihubungkan ke capasitor 10 nF, Gate (6) disambungkan ke ground. Seperti dapat dilihat pada gambar berikut



Diagram Output dari rangkaian Bistable adalah sebagai berikut: 





3. Astable Circuit

Rangkaian astable circuit menghasilkan signal High-Low secara continue, nilai besaran frekuensi yang di bangkitkan dari rangkaian tersebut merupakan perhitungan hasil tahanan (R1), R2 dan Capasitor (C).




Dengan formulasi dibawah ini dapat dihitung besarnya nilai flekuensi yang di bangkitkan oleh IC 555.



Selama mencoba, semoga berhasil. Sebagai tambahan informasi, untuk rangkaiannya bisa coba di software aplikasi EWB (Electonics Workbench).

Sumber Info : http://en.wikipedia.org/wiki/555_timer_IC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar